Jumat, 20 April 2012

5 SURGA PENDAKIAN NEGARA TAIWAN


5 surga pendakian negara Taiwan – Kalian hobi travelling, lebih tepatnya hobi mendaki ? Simak informasi berikut ini kalo nggak mau rugi, simak info ini dari SituSaja

Gunung Dabajian (Foto:en.wikipedia)

Gunung Dabajian (Foto:en.wikipedia)

MESKIPUN hanya sebuah pulau kecil, Taiwan memiliki pegunungan tinggi di dunia. Setidaknya, ada lima surga pendakian di Taiwan.

Berbagai tingkat kecuraman dan keindahan pemandangan gunung di Taiwan niscaya akan membuat para pendaki terkagum. Terlebih mengetahui fakta bahwa setiap gunung merupakan tempat tinggal beragam flora dan fauna sehingga setiap puncak gunung memiliki keunikan tersendiri. 


Berikut beberapa pegunungan di Taiwan yang menarik dikunjungi, seperti dikutip buku Perjalanan di Taiwan untuk Muslim dari Biro Perjalanan Macau:


Yangminshan

Pegunungan yang terletak di sebelah utara Taiwan, tepatnya dekat Taipei, ini merupakan taman nasional pertama di Taiwan. Banyak jalur mendaki di pegunungan ini cocok untuk acara lintas alam keluarga atau bisa dikategorikan sebagai jalur yang tidak terlalu berat. Pemandangan alam di taman ini selalu indah sepanjang tahun karena sumber daya alam yang terjaga dengan baik. 

Keindahan Yangminshan telah mendapatkan reputasi sebagai "halaman belakang" Taipei. Aktivitas yang sangat menarik untuk dilakukan di kawasan ini, adalah lintas alam, berjalan santai, berendam di pemandian air panas, mendaki, dan menikmati keindahan pemandangan Kota Taipei.

Yushan

Kawasan yang menjulang hingga 3.952 meter di atas permukaan laut, Yushan merupakan gunung tertinggi di Taiwan. Taman nasional Yushan adalah hasil kerja keras program perlindungan cagar alam Nasional. Yushan merupakan taman nasional sekaligus pegunungan subtropis, di mana 30 sampai 100 gunung ternama di Taiwan terletak di sekitar wilayah taman nasional ini.

Beberapa puncak gunung dan rindangnya tumbuh-tumbuhan menambah keindahan pemandangan dan menjadikan tempat ini surga petualangan yang tidak terlupakan. Aktivitas yang digemari di Yushan adalah mendaki hingga puncak dan berheti di sebuah tempat untuk melihat pemandangan kota Taiwan.

Alishan

Sejak masa penjajahan Jepang, Alisan telah dikenal sebagai salah satu destinasi terbaik di Taiwan. Beragam turis singgah di sini, salah satunya penulis dan para seniman Jepang  untuk mencari inspirasi dan pemandangan terbitnya matahari, lautan awan, serta rindangnya hutan. 

Selain itu, yang unik terdapat di Alishan adalah kereta api sebagai alat transportasi untuk pengiriman kayu gelondongan dari dan ke puncak gunung. Kereta api tua ini merupakan sebuah atraksi wisata terbaik.

Gunung Dabajian

Terletak di Taman Nasional Sheipa, gunung ini terkenal dengan keterjalan, curamnya tebing, dan puncak yang tingginya mencapai 3492 meter. Menurut legenda suku atayal, Dabajian merupakan rumah dari arwah nenek moyang Atayal.

Pendaki gunung mulai berdatangan sejak 1916, tapi baru secara resmi diukur oleh pendaki Jepang bernama Seko Kisabura pada 1926. Ketika Seko mulai menyadari bahaya pendakian gunung Dabajian, dia berpesan kepada timnya bahwa gunung tersebut harus dinamakan sebagai Gunung Seko apabila dia tewas saat mencoba mengukur gunung penuh tantangan ini.

Gunung Huhuan

Gunung Hohuan termasuk kategori gunung salju, salah satu dari tiga gunung utama di Taiwan. Karena ketinggiannya, cuaca dan pemandangan Gunung Huhuan sangat unik dengan empat musimnya yang sangat berbeda dengan gunung pada umumnya.

Gunung Huhuan merupakan tempat yang cocok untuk menikmati pemandangan alam berupa salju. Seperti saat musim dingin, pemandangan salju menjadi daya tarik pengunjung. Para pencinta burung juga dapat mendaki Gunung Huhuan di musim kemarau. Selalu ada yang menarik untuk disaksikan dan dinikmati di gunung yang terkenal ini di sepanjang tahun.

Itulah kelima surga pendakian yang terletak di negara Taiwan tersebut. Jangan pernah lewatkan informasi yang tidak kalah menariknya dari SituSaja
SituSaja. sumber . 5 surga pendakian negara Taiwan